Negara Islam, Arab Timur Tengah Paling Terkorup di Dunia

Negara Islam, Arab Timur Tengah Paling Terkorup di Dunia

Negara Korup bersyariah
Sejumlah Negara Arab berada di peringkat paling atas negara terkorup di dunia. Data ini dikeluarkan oleh Lembaga Tranparansi Internasional.

Suriah, Irak, Libya, Somalia dan Sudan adalah negara dengan skor kurang dari 20 yang berarti menandakan parahnya praktik korupsi yang terjadi di negara-negara tersebut. Dari data ini negara-negara di atas memiliki latar belakang sama yaitu sedang hancur berantakan karena perang.

“Korupsi sangat terkait dengan negara yang sedang hancur berantakan. Seperti yang terlihat di Libya dan Suriah, dua negara ini adalah negara yang paling buruk (dalam hal korupsi),” ujar anggota Tranparansi Internasional, Finn Heinrich, seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (4/11/2013).


Selain Suriah dan Libya, Finn menilai Afghanistan dan Somalia merupakan negara yang harus diperhatikan tingkat korupsinya. Dijelaskan Finn ini karena sudah cukup lama Amerika Serikat (AS) dan NATO ikut campur dalam di kedua negara tersebut, sehingga dapat menimbulkan celah perilaku korupsi diterapkan.

“Afghanistan adalah cerita yang sangat serius dan kami sama sekali tidak melihat adanya perbaikan,” jelasnya.

“(Negara) barat tidak hanya melakukan investasi atas bidang keamanan (di Afghanistan), tetapi mereka juga membangun supremasi hukum. Tetapi survei menunjukan adanya peningkatan suap dan telah ada di angka yang paling tinggi,” tutup Finn. sumber
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment