Arab Saudi Izinkan Israel Memasuki Wilayah Udaranya untuk Serang Iran

Arab Saudi Izinkan Israel Memasuki Wilayah Udaranya untuk Serang Iran

Surat kabar Inggris “The Times” mengatakan dalam laporan utamanya dengan mengutip dari sumber keamanan di Amerika Serikat dan yang lain dari Teluk bahwa telah ada perjanjian rahasia antara Arab Saudi dan Israel seputar izin bagi pesawat udara pasukan Israel untuk menggunakan wilayah udara Saudi pada saat penyerangan terhadap fasilitas nuklir Iran.

Surat kabar itu mengatakan bahwa isi perjanjian itu meminta Arab Saudi untuk tidak mengaktifkan pertahanan udaranya beberapa saat sehingga memungkinkan pesawat-pesawat tempur Israel menyeberangi wilayah udara Kerajaan Arab Saudi.


Sumber-sumber itu mengatakan kepada surat kabar bahwa perjanjian Arab Saudi-Israel ini telah dikoordinasikan dengan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Surat kabar itu juga mengutip dari sumber-sumber di Arab Saudi yang mengatakan bahwa komunitas keamanan di Riyadh telah mengetahui adanya perjanjian ini. Sementara para pejabat Israel menolak untuk mengomentari berita ini.

Mantan Kepala Intelijen Tenrara Israel, Mayor Jenderal Aharon Zeevi Farkash berkata-menanggapai pertanyaan tentang kemungkinan menggunakan lalu lintas udara Arab Saudi untuk menyerang Iran-bahwa kekhawatiran Arab Saudi terhadap kemampuan nuklir Iran melebihi kekhawatiran Israel terhadap hal ini
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment