siapakah yang akan masuk surga?

siapakah yang akan masuk surga?

Siapa yang masuk surga? Orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani jugakah?


dalam al-quran surah Al-Maidah ayat 69:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَادُوا وَالصَّابِئُونَ وَالنَّصَارَىٰ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja (diantara mereka) yang benar-benar saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS 5:69)

Tanggapan:
Masuk agama apa saja adalah sama selamatnya, semua tampaknya layak masuk surga sekalipun orang tersebut beragama Yahudi, Nasrani, dan Shabiin. Karena bahkan siapa saja (tak usah mencari agama tertentu) tak perlu ada yang dikhawatirkan atau disedihkan, sepanjang ia hidup saleh, beriman kepada Allah dan percaya akan hari kiamat.

Banyak orang menjadi lega membacanya.


Tetapi sungguh aneh ketika disodori Surah Al-Imran ayat 85

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ
Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. (QS 3:85)

dari kutipan Al-Imran diatas, diwajibkan setiap orang untuk mencari Islam agar selamat.
bukankah aneh dan agak bertentangan...

Abu Dzar mengatakan, bahwa Rasulullah saw. bersabda: Seseorang datang kepadaku dari Tuhanku membawa berita (mungkin katanya: membawa berita gembira): Sesunguhnya, barangsiapa di antara umatku yang mati, sedangkan dia tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu apapun, orang itu masuk surga.” Aku bertanya Sekalipun orang itu berzina dan mencuri?” Jawab Nabi, Ya, sekalipun dia berzina dan mencuri.” (Hadis Shahih Bukhari no.647).
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment