apa itu Chakra?

apa itu Chakra?

Ribuan kelopak Crown Chakra,
Dua kelopak Brow Chakra,
Enam belas kelopak Tenggorokan Chakra
(Nepal, 17th Century)
Chakra adalah bahasa Sansekerta istilah berarti roda. Chakra, kekuatan unsur yang digunakan untuk menciptakan jurus dalam anime dan manga Naruto,
dalam filsafat Agama, Sudarshana Chakra merupakan senjata Dewa Wisnu, sedangkan Dharmacakra "Roda Dharma" atau "Roda Hukum", simbol agama Buddha. Chakra di Hindu tradisi metafisik dan sistem kepercayaan lainnya, adalah pusat prana , kekuatan hidup, atau energi vital . Chakra sesuai dengan titik-titik penting dalam tubuh fisik yaitu utama pleksus arteri, vena, dan saraf. Teks dan ajaran menyajikan perbedaan jumlah chakra. Konsep fitur chakra dalam tantra dan yoga tradisi Hindu dan Budha. Sementara napas saluran ( nadi ) dari praktek yoga sudah dibahas dalam klasik Upanishad , itu tidak sampai abad kedelapan Buddha Hevajra Tantra dan Caryāgiti, bahwa hierarki chakra diperkenalkan. 

Tantra sejarah mengatakan bahwa chakra kata digunakan untuk berarti beberapa hal yang berbeda dalam sumber Sansekerta:
  1. "Lingkaran," digunakan dalam berbagai indra, melambangkan tak berujung rotasi dari shakti .
  2. Sebuah lingkaran orang. Dalam ritual ada yang berbeda cakra-sadhana di mana penganut merakit dan melakukan ritual . Menurut Niruttaratantra , chakra dalam arti majelis adalah 5 jenis.
  3. Chakra jangka panjang juga digunakan untuk menunjukkan yantra atau mistik diagram , berbagai cara yang dikenal sebagai trikoṇa-cakra, aṣṭakoṇa-cakra, dll
  4. Berbeda " saraf pleksus dalam tubuh. "
Dalam Buddhis literatur Sansekerta istilah cakra ( Pali Cakka) digunakan dalam arti yang berbeda dari "lingkaran," mengacu pada konsep Buddhis dari Siklus kelahiran kembali yang terdiri dari enam negara di mana makhluk dapat terlahir kembali.
Berikut adalah beberapa fitur yang umum:
  1. Mereka membentuk bagian tubuh, bersama dengan saluran napas, atau nadi , dan angin ( Vayu ).
  2. Mereka berada di sepanjang saluran pusat (sushumna / avadhūtī).
  3. Dua saluran samping menyeberangi saluran pusat di lokasi chakra.
  4. Mereka memiliki sejumlah 'kelopak' atau 'jari-jari'.
  5. Mereka umumnya terkait dengan mantra benih-suku kata, dan sering dengan berbagai warna dan dewa-dewa.
Chakra memainkan peran penting dalam hidup cabang utama India Vajrayana, agama Buddha Tibet . Mereka memainkan peran penting dalam tahap penyelesaian praktek, dimana dilakukan usaha untuk membawa angin halus dari tubuh ke saluran pusat, untuk mewujudkan cahaya terang kebahagiaan dan kekosongan, dan untuk mencapai kebuddhaan .

Vajrayana sistem menyatakan bahwa saluran pusat (avadhūtī) dimulai pada titik mata ketiga, kurva sampai ke puncak kepala, dan kemudian pergi lurus ke bawah ke bagian bawah tubuh. Ada dua saluran sisi, rasanā dan Lalana, yang dimulai pada lubang hidung masing-masing dan kemudian melakukan perjalanan ke bagian bawah tubuh. The Apana Vayu mengatur penghentian lebih rendah dari tiga saluran. Ujung bawah saluran pusat berakhir di dubur. Ujung bawah Lalana berakhir di saluran kemih. Ujung bawah saluran rasanā memancarkan air mani.

Saluran sisi berjalan sejajar dengan saluran pusat, kecuali pada lokasi seperti pusar, jantung, tenggorokan dan mahkota (yaitu cakra) dimana dua saluran samping memutar di sekitar saluran pusat. Pada pusar, tenggorokan dan mahkota, ada simpul ganda disebabkan oleh masing-masing sisi saluran memutar sekali di sekitar saluran pusat. Pada roda jantung ada simpul enam kali lipat, di mana masing-masing saluran sisi melingkari tiga kali. Suatu bagian penting dari praktik tahap penyelesaian melibatkan melonggarkan dan melepas knot ini.

Dalam chakra ada yang 'tetes halus'. Penurunan putih ada di mahkota, penurunan merah ada di pusar, dan pada jantung ada yang merah dan putih penurunan dihancurkan, yang meninggalkan tubuh pada saat kematian. Selain itu, setiap chakra memiliki sejumlah 'jari-jari' atau 'kelopak', yang bercabang ke ribuan saluran halus berjalan ke setiap bagian dari tubuh, dan masing-masing berisi suku kata bahasa Sanskerta.

Dengan berfokus pada cakra tertentu (sementara sering menahan napas) angin halus masuk ke saluran pusat. Chakra di mana mereka masuk penting dalam rangka mewujudkan praktik tertentu. Misalnya, fokus pada area subnavel penting untuk praktek Tummo , atau kebakaran batin. Bermeditasi pada cakra jantung adalah penting untuk mewujudkan cahaya terang. Bermeditasi pada cakra tenggorokan adalah penting bagi bermimpi dan praktik yoga mimpi. Dan bermeditasi pada chakra mahkota penting untuk proyeksi kesadaran, baik ke dunia lain, atau ke tubuh lain.

Hasil ketidakseimbangan energik antara chakra adalah perasaan yang hampir terus menerus ketidakpuasan. Jika chakra jantung gelisah, orang kehilangan kontak dengan perasaan dan sensasi, dan melahirkan rasa ketidakpuasan. Yang mengarah ke luar mencari untuk pemenuhan. Ketika orang-orang hidup di kepala mereka, perasaan yang sekunder, mereka adalah interpretasi citra mental yang makan kembali ke individu. Ketika kesadaran difokuskan pada kenangan pengalaman masa lalu dan Verbalisasi mental, aliran energi untuk meningkat chakra kepala dan aliran energi ke chakra jantung berkurang. Tanpa memupuk perasaan hati bentuk halus dari kecemasan muncul yang mengakibatkan diri menjangkau untuk pengalaman. Ketika chakra tenggorokan mengendap dan energi didistribusikan secara merata antara kepala dan chakra jantung, seseorang dapat benar-benar menghubungi indera seseorang dan menyentuh perasaan yang sesungguhnya.

Qigong juga bergantung pada model yang sama dari tubuh manusia sebagai energi sistem, kecuali bahwa itu melibatkan sirkulasi qi (ki, chi) energi. Energi Qi, setara dengan Prana Hindu, mengalir melalui saluran energi yang disebut meridian , setara dengan nadi, tapi dua energi lainnya juga penting: Jing, atau esensi primordial, dan Shen, atau energi roh.

Dalam rangkaian prinsip qi, yang disebut orbit mikrokosmis , energi bangkit meridian utama sepanjang tulang belakang, tetapi juga datang kembali ke batang tubuh bagian depan. Sepanjang siklus itu memasuki berbagai dantians (bidang obat mujarab) yang bertindak sebagai tungku, di mana jenis-jenis energi dalam tubuh (jing, qi dan shen) secara progresif halus. ini dantians memainkan peran yang sangat mirip dengan chakra. Jumlah dantians bervariasi tergantung pada sistem; pusar dantian adalah yang paling terkenal (itu disebut Hara di Jepang), tapi biasanya ada Dantian yang terletak di jantung dan di antara alis. yang lebih rendah dantian pada atau di bawah pusar mengubah esensi, atau jing, dalam qi energi. Para Dantian tengah di tengah dada mengubah qi energi ke shen, atau roh, dan Dantian lebih tinggi pada tingkat dahi (atau di atas kepala), mengubah Shen ke wuji, ruang tak terbatas berlaku.

Sebuah gerakan kontemplatif benar-benar terpisah dalam gereja Ortodoks Timur adalah HESIKASME , suatu bentuk meditasi Kristen. Perbandingan telah dilakukan antara pusat Hesychastic doa dan posisi chakra. khusus penekanan pada daerah jantung. Namun, tidak ada pembicaraan tentang pusat-pusat sebagai memiliki apapun keberadaan metafisik. Jauh lebih daripada di salah satu kasus yang dibahas di atas, pusat hanya tempat untuk memusatkan konsentrasi selama shalat.

7 Cakra Utama atau Chakra Mayor

Chakra berfungsi sebagai pintu keluar masuknya energi eterik dari berbagai lapis tubuh. Apabila sebuah chakra tidak berfungsi dengan baik, maka energi kotor tidak dapat dipompa keluar dan energi bersih tidak dapat ditarik masuk. Dengan demikian organ-organ tubuh di sekitarnya akan mendapat gangguan. Walaupun pada tubuh terdapat banyak chakra-chakra, tetapi perhatian harus ditujukan kepada ke 7 chakra utama atau tujuh pusat energi (seven chakra) , chakra lain akan membuka dengan sendirinya.

7 cakra ini yang terletak di kelenjar-kelenjar sepanjang garis tengah pinggang. Setiap cakra merupakan pusaran energi vital yang bergetar secara aktif yang melebar melalui dan disekeliling permukaan tubuh dan mengeluarkan gelombang-gelombang getaran elektromagnetik yang dikenal sebagai Aura.

Di pusat-pusat energi inilah, pikiran dan perasaan pertama kali berperan secara langsung mempengaruhi dan mengatur seluruh fungsi tubuh, metabolisme, sirkulasi, eliminasi, reproduksi. Pada tingkat energi, pengalaman membuktikan kebenaran adanya cakra-cakra itu. Ketika energi-energi dalam cakra mengalir bebas dan terbuka, seseorang menciptakan suatu keadaan seimbang dan sehat dalam sistem tubuhnya. Ketika semua warna bervibrasi menurut frekuensinya yang sempurna, resultante aura menjadi cahaya putih yang merupakan pembauran ketujuh warna. Cahaya ini beradiasi dari inti kristal atau inti diri seseorang.

Ke 7 chakra utama sebagai berikut :
  1. Muladhara atau Chakra Dasar 
  2. Swadhistana atau Chakra Seks 
  3. Manipura atau Chakra Pusar (Nabi) 
  4. Anahata atau Chakra Hati 
  5. Wisuddha atau Chakra Tenggorokan 
  6. Ajna atau Chakra Mata Ketiga 
  7. Sahasrara atau Chakra Mahkota
demikian sekilas tentang Chakra Mayor dalam tubuh mansia.

Dengan mempelajari Tehnik Reiki ASTRA anda akan lebih mudah mempelajari tehnik keilmuan lainnya… cukup dengan pergunakan tehnik meditasi Ongastra anda jadi lebih HEBAT, lebih cepat terbuka Indra ke-ENAM anda, karena cakra ilahi sudah terbuka secara otomatis. 

bila berkeinginan untuk konsultasi tentang Tehnik Meditasi REIKI Astra
silahkan Daftar di REIKI ASTRA

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment